1.
Pengertian
Diskriminasi
Secara bahasa diskriminasi berasal dari bahasa
Inggris “Discriminate” yang berarti
membedakan. Dan dalam bahasa Arab istilah diskriminasi dikenal dengan “Al-Muhabbah” yang artinya membedakan kasih antara satu dengan
yang lain atau pilih kasih. Kosa kata Discrirminate
ini kemudian diadopsi menjadi kosa kata bahasa Indonesia “Diskriminasi” yaitu suatu sikap yang membeda-bedakan orang lain
berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya, ataupun agama.
Pada kenyataanya banyak manusia yang memiliki sifat
serakah dan salah arah serta tidak tahu diri. Banyak di antara manusia yang
menganggap bahwa kemuliaan seseorang terletak pada harta, pangkat atau jabatan
yang disandang, kecantikan yang dimilikinya. Nabi saw. pernah bersabda,
“Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuhmu, atau parasmu, akan tetapi dia
melihat kepada hati dan kelakuanmu.” Secara konsepsional setiap manusia sebagai
makhluk sosial memiliki kebutuhan intergratif, sebagai kebutuhan manusia yang
merindukan akan kebersamaan, bersatu, dan terpadu. Sebagai makhluk pemikir dan
bermoral manusia selalu berpikir dan berupaya agar mereka tetap bersatu dan
terpadu. Manusia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga memikirkan
orang lain. Seseorang menciptakan sesuatu bukan hanya berfungsi untuk dirinya
sendiri, tetapi berfungsi untuk kebutuhan orang banyak. Sebagai makhluk
bermoral manusia bertindak sesuai dengan prinsip moralitas. Oleh karena itu,
menurut sudut pandang sosiologi, sampai kapanpun, setiap manusia menginginkan
adanya kebersamaan, bersatu, dan terpadu, keinginan ini didasarkan pada
prinsip:
a.
Benar salah;
Adanya prinsip benar salah ini menjadikan seseorang tidak bisa sembarangan
bertindak atau melakukan sesuatu sekehendak hatinya sendiri. Tindakan manusia
yang dapat dibenarkan manusia ialah tindakan yang dilakukan seseorang sesuai
dengan norma yang berlaku. Prinsip benar dan salah mendukung terwujudnya
keteraturan sosial. Hal tersebut merupakan kebutuhan manusia dalam
mempersatukan individu denga individu lainnya dalam hidup bermasyarakat. Dalam
upaya menemukan nilai-nilai kebenaran, manusia tidak hanya mengandalkan
kemampuan berpikirnya, tetapi berpedoman nilai-nilai agama yang dianut, karena
kebenaran agama bersifat mutlak dan abadi. Prinsip benar dan salah dapat
mengembangkan nilai-nilai persatuan.
b.
Pengungkapan
perasaan kebersamaan; pengungkapan perasaan ini terwujud dalam bentuk, seperti
perkumpulan, kekerabatan, keluarga, suku bangsa, organisasi, negara, dan
badan-badan internasional. Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk bersatu dan
bersama, yang kemudian dia wujudkan dalam suatu wadah bersama.
c.
Keyakinan diri
(cinvidence) dan keberadaan (exsistence); perasaan keyakinan diri yang dimiliki
oleh manusia mampu memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi dirinya, sehingga
tidak menganggap unsur lain di luar dirinya sebagai sesuatu yang berbahaya,
maupun ancaman yang perlu dihindari. Manusia harus memiliki keyakinan diri, baik
keyakinan akan kemampuan dirinya maupun keyakinan kekuasaan di luar dirinya.
d.
Pengungkapan
estetika dan keindahan; manusia dalam hidupnya memerlukan kebutuhan batin atau
kejiwaan manusia. Pengungkapan estetika adalah manivestasi kebutuhan batiniah
sebagai makhluk berpikir dan bermoral. Keindahan yang terwujud dalam berbagai
ragam kesenian diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan pengungkapan
rasa estetika yang dimilikinya.
Sebagai bentuk tuntutan aktualisasi diri dalam
kehidupan pribadi dan sosialnya, maka sebagai seorang mu’min harus mampu
meneladani Rasulullah. Beliau tidak pernah membedakan atau pilih kasih terhadap
semua manusia dan memperlakukan setiap orang secara setara. Sehingga tidak ada
seorang pun yang hadir dalam suatu pertemuan, sebagai orang lain yang menerima
perlakuan yang berbeda. Jika seseorang mendatangi beliau, dan meminta sesuatu
kepada beliau, beliau akan memberinya atau setidaknya menanggapinya dengan
kata-kata yang baik. Sikap beliau meluas kepada setiap orang, bahkan beliau menjadi
seperti seorang ayah bagi siapapun.
Orang-orang yang berkumpul dan berhubungan bersama
beliau benar-benar menyatu, tidak ada diantara mereka yang rendah hati karena
kemiskinannya atau sombong karena status, kedudukan, dan jabatannya, yang
membedakan di antara mereka ketakwaannya. Mereka memiliki sifat ramah,
menghormati orang yang lebih tua, menunjukkan kasih sayang kepada orang yang
lebih muda, memberikan prioritas kepada orang-orang yan memerlukan dan menjaga
orang asing.
Rasulullah memiliki sifat tidak suka berdebat, tidak
banyak bicara, tidak mencampuri urusan-urusan yang bukan urusan beliau.
Rasulullah tidak pernah mengkritik, mendiskreditkan orang lain, dan tidak
pernah juga mengatakan kepada seseorang “memalukan kamu ini,” dan tidak pernah
mengatakan sesuatu melainkan kata-kata yang akan memberi pahala. Ketika para
sahabat kurang taat dalam menjalankan tugas dalam perang uhud dan umat Islam
mengalami kekalahan bahkan paman Beliau sendiri syahid dalam perang tersebut,
namun beliau tetap bersikap lemah lembut dan tidak sedikitpun muncul sikap
marah. Ketika beliau berbicara, orang-orang yang ada di sekitar beliau akan
mendengarkan dengan serius, duduk tenang seolah-olah ada burung di kepala
mereka. Ketika beliau diam, orang lain gantian berbicara. Mereka tidak pernah
berdebat di hadapan beliau. Mereka akan tersenyum pada apa yang nabi tersenyum,
dan akan terkesan pada apa yang nabi terkesan. Beliau sabar dengan orang asing
yang kasar dalam berbicara atau bertanya, dan para sahabat beliau akan bertanya
kepada orang asing itu dengan perkataan yang ramah. (Roli Abdul Rahman, Menjaga Aqidah dan Akhlak, hal. 110-112,
Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007)
2.
Jenis Perbuatan
Diskriminasi
Munculnya perilaku diskriminasi lebih disebabkan
oleh adanya penyimpangan individual, penyimpangan ini biasanya dilakukan oelh
orang yang telah mengabaikan dan menolak norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan masyarakat. Orang sperti ini biasanya mempunyai kelainan atau
mempunyai penyakit mental sehingga tak dapat mengendalikan dirinya.
Sebagai
gambaran, seorang anak dari beberapa saudara muncul sifat kelainan yaitu rakus
lalu ingin menguasai harta peninggalan orang tuanya. Ia mengabaikan
saudara-saudaranya yang lain. Ia menolak norma-norma pembagian warisan menurut
norma masyarakat maupun norma agam. Ia menjual semua peninggalan harta orang
tuanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan saudara-saudaranya
yang lain.
Penyimpangan perilaku yang seperti inilah menjadi
faktor munculnya sikap diskriminasi yang paling dominan dalam kehidupan
masyarakat. Adapun bentuk penyimpangan perilaku individual menurut kadar
penyimpangannya adalah sebagai berikut:
a.
Penyimpangan
tidak patuh pada nasihat orang tua agar mengubah pendiriannya yang tidak sesuai
dengan nilai Islam.
b.
Penyimpangan
karena tidak taat terhadap pimpinan yang disebut pembangkang.
c.
Penyimpangan
karena melanggar norma umum yang berlaku disebut pelanggar.
d.
Penyimpangan
karena tidak menempati janji, berkata bohong, berkianat kepercayaan, kianat, dan
berlagak membela, disebut munafik.
Dalam kehidupan masyarakat juga terdapat perbedaan
sosial yang perwujudannya adalah penggolongan penduduk atas dasar
perbedaan-perbedaan dalam hal yang tidak menunjukkan tingkatan, antara lain
ras, agama, jenis kelamin, profesi, klan, dan suku bengsa.
Perbedaan sosial (diferensiasi) menunjukkan adanay
keanekaragaman dalam masyarakat. Suatu masyarakat yang di dalamnya terdiri atas
berbagai unsur menunjukkan perbedaan tidak bertingkat (horizontal) disebut
masyarakat majemuk. Contoh, masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai
macam unsur ras, suku bangsa, bahasa, agama, dan kebudayaan, disebut masyarakat
bangsa, yakni suatu masyarakat yang tidak disatukan oleh kesamaan apapun.
Dorongan bersatunya bangsa Indonesia terletak pada hasrat atau kemauan.
Terjadinya bentuk-bentuk perbedaan sosial dalam
masyarakat diakibatkan oleh adanya ciri-ciri tertentu, yaitu ciri-ciri fisik,
sosial, dan budaya.
a.
Ciri-ciri fisik,
yang berkaitan dengan ras; yaitu penggolongan manusia atas dasar persamaan
ciri-ciri fisik yang tampak dari luar, seperti bentuk kepala, bentuk badan,
bentuk hidung, bentuk rambut, bentuk muka dan tulang rahang bawah, serta warna
kulit, rambut, dan mata. Perbedaan ciri-ciri fisik sangat dirasakan pada
masyarakat dalam negara yang menjalankan politik diskriminasi rasial, misalnya
politik Apartheid di Afrika Selatan, sebelum presiden Nelson Mandela.
b.
Ciri-ciri
sosial, yaitu yang berkaitan dengan status dan peran para warga masyarakat
dalam kehidupan sosial. Setiap orang melakukan berbagai peran untuk kepentingan
dirinya sendiri atau kepentingan masyarakat. Hal itu berkaitan dengan pekerjaan
atau profesi para warga masyarakat, termasuk mata pencahariannya. Pekerjaan ada
kaitannya dengan penghasilan sehingga menimbulkan kesan adanya tingkatan tinggi
rendah. Namun, antara pekerjaan yang satu dengan yang lain tidak menunjukkan
tingkatan, tetapi ada perbedaan. Misalnya, antara petani, pedagang, guru, dan
pegawai.
c.
Ciri-ciri
budaya, yaitu ciri yang merupakan budaya dan suku. Dalam kehidupan masyarakat
digolongkan menjadi masyarakat Batak, Bugis, Lombok, Toraja, Ambon, Asmat,
Jawa, dan lainnya atau dalam linkup yang lebih luas, misalnya masyarakat
Afrika, Asia, Amerika, atau Eropa. Penggolongan ini didasarkan atas ciri-ciri
yang dimiliki masing-masing budaya.
Dengan adanya perbedaan sosial (diferensiasi) maka
dapat kita katakan bahwa diferensiasi merupakan awal adanya stratifikasi dan
menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Namun, tidak dapat ditafsirkan
bahwa semua diferensiasi akan mendorong lahirnya stratifikasi sosial dan
menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Stratifikasi sosial dapat
memperkuat adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat.
Namun pada kenyataannya, di dalam masyarakat juga
terdapat potensi yang mendorong terhapusnya perbedaan-perbedaan. Misalnya
dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menghapus perbedaan antara
masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, atau suku bangsa yang satu
dengan suku bansa yang lain. Ada enam macam diferensiasi sosial, yaitu:
1.
Diferensiasi
sosial berdasarkan perbedaan RAS; ciri-ciri yang menjadi dasar pembagian RAS
adalh sebagai berikut:
a.
Bentuk kepala (cephalicus).
b.
Bentuk badan.
c.
Bentuk hidung.
d.
Bentuk rambut.
e.
Warna kulit.
f.
Warna mata.
g.
Bentuk muka.
2.
Diferensiasi sosial
berdasarkan perbedaan agama.
3.
Diferensiasi
sosial berdasarkan perbedaan jenis kelamin.
4.
Diferensiasi
sosial berdasarkan perbedaan umur.
5.
Diferensiasi
sosial berdasarkan profesi.
6.
Diferensiasi
sosial berdasarkan perbedaan klan.
7.
Diferensiasi
sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa.
(Roli
Abdul Rahman, Menjaga Aqidah dan Akhlak,
hal. 112-113, Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007)
3.
Dampak Negatif
Diskriminasi
a.
Memicu munculnya
sektarianisme.
b.
Memunculkan
permusuhan antar kelompok.
c.
Mengundang
masalah sosial yang baru.
d.
Menciptakan
penindasan dan otoritarianisme dalam kehidupan.
e.
Menghambat
kesejahteraan kehidupan.
f.
Menghalangi
tegaknya keadilan.
g.
Menjadi pintu
kehancuran masyarakat.
h.
Mempersulit
penyelesaian masalah.
4.
Cara Menghidari
Diskriminasi
Untuk menghindari sikap dikriminasi, maka setiap
muslim harus mengedepankan sikap musawah. Sikap musawah (persamaan) cukup urgen
dalam kehidupan modern. Sikap ini memiliki tujuan untuk menciptakan rasa
kesejajaran, persamaan, dan kebersamaan serta penghargaan terhadap sesama
manusia sebagai makhluk Tuhan. Menempatkan sesama manusia pada posisi sejajar
merupakan keutamaan yang akan menyadarkan setiap orang untuk memberikan yang
terbaik dari apa yang dapat dilakukan.
Sehingga sikap musawah akan menjadi jalan baru bagi
sesama manusia untuk melakukan kebajikan dalam rangka membangun kebersamaan dan
kemaslahatan. Pengakuan terhadap persamaan harkat, martabat, dan derajat
kemanusiaan, merupakan perwujudan keimanan (tauhid) seseorang dan akan membawa
pada tingkat ketakwaan yang tinggi.
Pengelompokkan
dan solidaritas dipandang Al-Qur’an sebagai fitrah, Sunatullah yang tidak akan
berubah. Firman Allah:
“Bagi mereka berita gembira di dalam
kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan bagi
kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang
besar.” (QS. Yunus: 64)
Demikian pula ditegaskan Allah
dalam Al-Qur’an:
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan
kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu
berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal.
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang
yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha
Mengenal.” (QS. al-Hujurat: 13)
Manusia yang secara fitrah
diciptakan dengan memiliki keragaman, dihaapkan dapat saling mengenal, dengan
cara ini akan muncul pemahaman untuk saling mengakui kesamaan, sehingga pada
akhirnya akan bersama-sama untuk memperjuangkan kebaikan dan kemaslahatan
bersama dalam tatanan sosial kemasyarakatan. Kehadiran Rasulullah di
tengah-tengah masyarakat Madinah, menjadi bukti betapa pentingnya menjauhkan
sikap diskriminasi dan mengendepankan sikap musawah.
Dengan sikap ini Rasulullah dengan
sahabat setianya dengan tulus oleh kaum Anshor . Demikian pula Rasulullah saw.
tidak pernah melebihkan antara sahabat satu dengan lainnya. Bahkan ketika
menjadi pemimpin negara Madinah, beliau tidak pernah menomor duakan warganya,
lantaran sentimen agama, kelompok ras dan budaya. Semua warga memiliki hak yang
sama untuk dihormati dan diperhatikan serta diberikan pelayanan sebagaimana
yang lain selama tidak saling mengganggu dan memusuhinya. Sifat musawah akan
menwujudkan sikap saling menghargai dan melindungi kehormatan serta keselamatan
sesama.
Sebagai sebuah masyarakat yang
majemuk, sikap diskriminasi harus dijauhkan dari pergaulan manusia. Sebab
muslim wajib mengedepankan sikap musawah, kerana sikap persamaan merupakan
pilar utama dimana hak dan kewajiban ditegakkan atas dasar kesadaran bersama.
Dengan demikian tidak ada warga yang merasa dipinggirkan lantaran sentimen
agama, kelompok, suku, ras, dan budaya. Semua warga negara memiliki hak yang
sama untuk dihormati dan diperhatikan sebagai komunitas masyarakat dan bangsa
yang mendiami suatu negeri. Diskriminasi dengan atas nama apapun termasuk
dengan simbol-simbol agama, merupakan bagian dari bentuk pelanggaran terhadap
hak dan persamaan hidup. Jadi, dalam masyarakat demokratis tidak dikenal
istilah superioritas atau yunioritas satu sama lain. Karena dikotomi hak akan
dapat menimbulkan konflik sosial dan kadang-kadang justru berujung pada konflik
agama dan keyakinan yang pada akhirnya akan menjauhkan masyarakat dari
kehidupan yang di rahmati Allah sebagaimana ungkapan “baldatun thoyyibatun
warabbun ghafur.”
Di samping persamaan, untuk
menghindari sikap diskriminasi, maka harus ditonjolkan persaudaraan sesama
orang beriman dan bahkan kepada sesama manusia. Sejarah telah mencatat dengan
tintah emas, betapa indah dan tulusnya persaudaraan antara kaum pendatang dari
Mekkah dengan kaum penolong dari Madinah. Mereka rela berbagi apa saja untuk
saudaranya seiman. Demikianlah persaudaraan Islam betul-betul merupakan nikmat
Allah yang harus disyukuri dan dipelihara sebagaimana firman Allah:
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali
(agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat
Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah
mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang
yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah
menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya
kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imron: 103)
Supaya persaudaraan yang dijalin dapat
tegak dengan kokoh, maka diperlukan empat tiang penyangga utamanya, yaitu:
1.
Ta’aruf yaitu
saling keal mengenal yang tidak hanya bersifat fisik atau biodata ringkas
belaka, tetapi lebih jauh lagi menyangkut latar belakang pendidikan, budaya,
keagamaan, pemikiran, ide-ide, cita-cita serta problema kehidupan yang
dihadapi.
2.
Tafahum yaitu
saling memahami kelebihan dan kekurangan, kekuatan, dan kelemahan
masing-masing, sehingga segala macam bentuk kesalapahaman dapat dihindari.
3.
Ta’awun yaitu
saling tolong menolong, dimana yang kuat menolong yang lebih dan yang memiliki
kelebihan menolong yang kekurangan, dengan konsep ini maka kerjasama akan
tercipta dengan baik dan saling menguntungkan sesuai fungsi dan kemampuan
masing-masing.
4.
Tafakul yaitu
saling memberikan jaminan, sehingga menimbulkan rasa aman, tidak ada rasa
kekhwatiran dan kecemasan menghadapi hidup ini, karena ada jaminan dari sesama
saudara untuk memberikan pertolongan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan.
5.
Hikmah
Menghindari Diskriminasi
1.
Mengutamakan
orang lain.
2.
Meringankan
beban orang lain.
3.
Tidak menjadi
beban orang lain.
4.
Ramah tamah
terhadap sesama manusia.
5.
Berperilaku
sesuai ajaran Islam.
6.
Wajar dan
realistis.
Hallo kepada semua pecinta judi online
ReplyDeleteAgen terpercaya 100% di indonesia
kristalpoker menyediakan 7 game
Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ
1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit
silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.
Bermanfaat sekali ini GAN, Ditunggu Artikel Yang Selanjutnya yah Gan.
ReplyDeleteTogel Online
Agen Togel
Ayuk Bergabung Bersama kami di http://www.PokerSemi.com Kami Juga menyediakan berbagai macam game dalam 1 ID :- Poker- Capsa - Ceme - Q- Kick- Ceme Keliling Dan - Live PokerBanyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti andakami Juga memberikan bonus Seperti- Bonus New member 10%- Bonus Turnover 0.5% Dan - Bonus Refferal 20%Di tunggu apa lagi ganBuruan Daftar diri anda di http://www.PokerSemi.comAnda juga bisa Hubungi CS kami :- Line : PokerSemi- Skype : PokerSemi- WeChat : PokerSemi- Webz : http://www.PokerSemi.comUntuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di http://www.PokerSemi.comSalam Dari Admin PokerSemI
ReplyDeleteThank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)Segera dapatkan promo terbaru kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Segera daftarkan diri anda di http://www.ibcwin.com
ReplyDeleteJudi Online
Judi Bola
Taruhan Bola
Bandar Judi Online
Casino Online
ReplyDeleteAyuk Bergabung Bersama kami di http://www.PokerSemi.com
Kami Juga menyediakan berbagai macam game dalam 1 ID :
- Poker
- Capsa
- Ceme
- Q- Kick
- Ceme Keliling Dan
- Live Poker
Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda
kami Juga memberikan bonus Seperti
- Bonus New member 10%
- Bonus Turnover 0.5% Dan
- Bonus Refferal 20%
Di tunggu apa lagi gan
Buruan Daftar diri anda di http://www.PokerSemi.com
Anda juga bisa Hubungi CS kami :
- Webz : http://www.PokerSemi.com
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di http://www.PokerSemi.com
Salam Dari Admin PokerSemI
Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :) Mari Bos ku segera bergabung dengan Kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Kunjungi kami di http://www.ibcwin.com
ReplyDeleteTaruhan Bola
Bandar Judi Online
Casino Online
Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)Segera dapatkan promo terbaru kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami bonus member ya. Segera daftarkan diri anda di http://www.ibcwin.com
ReplyDeleteJudi Online
Judi Bola
Taruhan Bola
Bandar Judi Online
Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :) Mari Bos ku segera bergabung dengan Kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Kunjungi kami di http://www.ibcwin.com
ReplyDeleteBandar Judi Online
Casino Online
Agen Bola
Live Casino
Nice Article…thanks for sharing
ReplyDeleteinformasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya ....thanks gan
Ingin berpenghasilan lebih?
Kini hadir permainan baru yang bisa menambah penghasilan anda
Modal sedikit dan untung banyak hanya di http://www.armaniqq.org
Segera daftarkan diri anda di ArmaniQQ dan rasakan bedanya
Bonus TurnOver 0.5%
Bonus Refferal 20% seumur hidup
Bonus Jackpot ratusan juta rupiah
Proses deposit dan withdraw 2 menit - 3 menit
Minimal deposit 25rb dan minimal withdraw 50rb
Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui :
Pin BBM : 2B455ED8
WA : +6287868803868
Agen Poker
DominoBet
Domino Qiu Qiu
Poker Online
CapsaSusun
Domino QQ
PILIH BO AMAN DAN TERPERCAYA BERSAMA KAMI DISINI VISTATOTO SITUS TERBAIK TOGEL & GAMES CASINO !
ReplyDelete2D DEPAN - 2D TENGAH - 2D BELAKANG DI BAYAR X 70.000
MINIMAL DEPOSIT Rp 25.000 MINIMAL WITHDRAW Rp 50.000
TUTUP PASARAN PALING LAMA !
GABUNG DI SINI
👇👇👇👇👇
🔘( VISTATOTO )🔘
✔BONUS NEW MEMBER UP 20%
✔BONUS DEPOSIT UP 3%
✔PROMO TERBALIK 2D/3D/4D
✔HADIAH JACKPOT BERTURUT
✔PROMO REFERAL 2%
✔BONUS BANDAR DARAT BERHADIAH MINGGUAN
===========================
↗Discount :
🔘2D/29% X 70 | 3D/49% X 500 | 4D/66% X 3000
🔘BBFS 9 DIGIT
🔘POLA ANGKA TARUNG
===========================
📲 WHATSAAP : +6281270922014
📲 TELEGRAM : +6281270922014
vistatoto
jackpot
judi togel online
situs togel online
Casino online
Bandar togel
Prediksi togel
angka ramalan
Tidak boleh diskriminasi loh ya, hehehe ^^
ReplyDeleteHADIAH CUMA CUMA
ARTIKEL YANG BAGUS GAN HEHEH
ReplyDeleteHIDUP BERDEMOKRASI