Tuesday, December 30, 2014

1.      Pengertian Diskriminasi
Secara bahasa diskriminasi berasal dari bahasa Inggris “Discriminate” yang berarti membedakan. Dan dalam bahasa Arab istilah diskriminasi dikenal dengan “Al-Muhabbah” yang  artinya membedakan kasih antara satu dengan yang lain atau pilih kasih. Kosa kata Discrirminate ini kemudian diadopsi menjadi kosa kata bahasa Indonesia “Diskriminasi” yaitu suatu sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya, ataupun agama.
Pada kenyataanya banyak manusia yang memiliki sifat serakah dan salah arah serta tidak tahu diri. Banyak di antara manusia yang menganggap bahwa kemuliaan seseorang terletak pada harta, pangkat atau jabatan yang disandang, kecantikan yang dimilikinya. Nabi saw. pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuhmu, atau parasmu, akan tetapi dia melihat kepada hati dan kelakuanmu.” Secara konsepsional setiap manusia sebagai makhluk sosial memiliki kebutuhan intergratif, sebagai kebutuhan manusia yang merindukan akan kebersamaan, bersatu, dan terpadu. Sebagai makhluk pemikir dan bermoral manusia selalu berpikir dan berupaya agar mereka tetap bersatu dan terpadu. Manusia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga memikirkan orang lain. Seseorang menciptakan sesuatu bukan hanya berfungsi untuk dirinya sendiri, tetapi berfungsi untuk kebutuhan orang banyak. Sebagai makhluk bermoral manusia bertindak sesuai dengan prinsip moralitas. Oleh karena itu, menurut sudut pandang sosiologi, sampai kapanpun, setiap manusia menginginkan adanya kebersamaan, bersatu, dan terpadu, keinginan ini didasarkan pada prinsip:
a.    Benar salah; Adanya prinsip benar salah ini menjadikan seseorang tidak bisa sembarangan bertindak atau melakukan sesuatu sekehendak hatinya sendiri. Tindakan manusia yang dapat dibenarkan manusia ialah tindakan yang dilakukan seseorang sesuai dengan norma yang berlaku. Prinsip benar dan salah mendukung terwujudnya keteraturan sosial. Hal tersebut merupakan kebutuhan manusia dalam mempersatukan individu denga individu lainnya dalam hidup bermasyarakat. Dalam upaya menemukan nilai-nilai kebenaran, manusia tidak hanya mengandalkan kemampuan berpikirnya, tetapi berpedoman nilai-nilai agama yang dianut, karena kebenaran agama bersifat mutlak dan abadi. Prinsip benar dan salah dapat mengembangkan nilai-nilai persatuan.
b.    Pengungkapan perasaan kebersamaan; pengungkapan perasaan ini terwujud dalam bentuk, seperti perkumpulan, kekerabatan, keluarga, suku bangsa, organisasi, negara, dan badan-badan internasional. Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk bersatu dan bersama, yang kemudian dia wujudkan dalam suatu wadah bersama.
c.    Keyakinan diri (cinvidence) dan keberadaan (exsistence); perasaan keyakinan diri yang dimiliki oleh manusia mampu memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi dirinya, sehingga tidak menganggap unsur lain di luar dirinya sebagai sesuatu yang berbahaya, maupun ancaman yang perlu dihindari. Manusia harus memiliki keyakinan diri, baik keyakinan akan kemampuan dirinya maupun keyakinan kekuasaan di luar dirinya.
d.   Pengungkapan estetika dan keindahan; manusia dalam hidupnya memerlukan kebutuhan batin atau kejiwaan manusia. Pengungkapan estetika adalah manivestasi kebutuhan batiniah sebagai makhluk berpikir dan bermoral. Keindahan yang terwujud dalam berbagai ragam kesenian diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan pengungkapan rasa estetika yang dimilikinya.
Sebagai bentuk tuntutan aktualisasi diri dalam kehidupan pribadi dan sosialnya, maka sebagai seorang mu’min harus mampu meneladani Rasulullah. Beliau tidak pernah membedakan atau pilih kasih terhadap semua manusia dan memperlakukan setiap orang secara setara. Sehingga tidak ada seorang pun yang hadir dalam suatu pertemuan, sebagai orang lain yang menerima perlakuan yang berbeda. Jika seseorang mendatangi beliau, dan meminta sesuatu kepada beliau, beliau akan memberinya atau setidaknya menanggapinya dengan kata-kata yang baik. Sikap beliau meluas kepada setiap orang, bahkan beliau menjadi seperti seorang ayah bagi siapapun.
Orang-orang yang berkumpul dan berhubungan bersama beliau benar-benar menyatu, tidak ada diantara mereka yang rendah hati karena kemiskinannya atau sombong karena status, kedudukan, dan jabatannya, yang membedakan di antara mereka ketakwaannya. Mereka memiliki sifat ramah, menghormati orang yang lebih tua, menunjukkan kasih sayang kepada orang yang lebih muda, memberikan prioritas kepada orang-orang yan memerlukan dan menjaga orang asing.
Rasulullah memiliki sifat tidak suka berdebat, tidak banyak bicara, tidak mencampuri urusan-urusan yang bukan urusan beliau. Rasulullah tidak pernah mengkritik, mendiskreditkan orang lain, dan tidak pernah juga mengatakan kepada seseorang “memalukan kamu ini,” dan tidak pernah mengatakan sesuatu melainkan kata-kata yang akan memberi pahala. Ketika para sahabat kurang taat dalam menjalankan tugas dalam perang uhud dan umat Islam mengalami kekalahan bahkan paman Beliau sendiri syahid dalam perang tersebut, namun beliau tetap bersikap lemah lembut dan tidak sedikitpun muncul sikap marah. Ketika beliau berbicara, orang-orang yang ada di sekitar beliau akan mendengarkan dengan serius, duduk tenang seolah-olah ada burung di kepala mereka. Ketika beliau diam, orang lain gantian berbicara. Mereka tidak pernah berdebat di hadapan beliau. Mereka akan tersenyum pada apa yang nabi tersenyum, dan akan terkesan pada apa yang nabi terkesan. Beliau sabar dengan orang asing yang kasar dalam berbicara atau bertanya, dan para sahabat beliau akan bertanya kepada orang asing itu dengan perkataan yang ramah. (Roli Abdul Rahman, Menjaga Aqidah dan Akhlak, hal. 110-112, Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007)
2.      Jenis Perbuatan Diskriminasi
Munculnya perilaku diskriminasi lebih disebabkan oleh adanya penyimpangan individual, penyimpangan ini biasanya dilakukan oelh orang yang telah mengabaikan dan menolak norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Orang sperti ini biasanya mempunyai kelainan atau mempunyai penyakit mental sehingga tak dapat mengendalikan dirinya.
Sebagai gambaran, seorang anak dari beberapa saudara muncul sifat kelainan yaitu rakus lalu ingin menguasai harta peninggalan orang tuanya. Ia mengabaikan saudara-saudaranya yang lain. Ia menolak norma-norma pembagian warisan menurut norma masyarakat maupun norma agam. Ia menjual semua peninggalan harta orang tuanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan saudara-saudaranya yang lain.
Penyimpangan perilaku yang seperti inilah menjadi faktor munculnya sikap diskriminasi yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat. Adapun bentuk penyimpangan perilaku individual menurut kadar penyimpangannya adalah sebagai berikut:
a.    Penyimpangan tidak patuh pada nasihat orang tua agar mengubah pendiriannya yang tidak sesuai dengan nilai Islam.
b.    Penyimpangan karena tidak taat terhadap pimpinan yang disebut pembangkang.
c.    Penyimpangan karena melanggar norma umum yang berlaku disebut pelanggar.
d.   Penyimpangan karena tidak menempati janji, berkata bohong, berkianat kepercayaan, kianat, dan berlagak membela, disebut munafik.
Dalam kehidupan masyarakat juga terdapat perbedaan sosial yang perwujudannya adalah penggolongan penduduk atas dasar perbedaan-perbedaan dalam hal yang tidak menunjukkan tingkatan, antara lain ras, agama, jenis kelamin, profesi, klan, dan suku bengsa.
Perbedaan sosial (diferensiasi) menunjukkan adanay keanekaragaman dalam masyarakat. Suatu masyarakat yang di dalamnya terdiri atas berbagai unsur menunjukkan perbedaan tidak bertingkat (horizontal) disebut masyarakat majemuk. Contoh, masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam unsur ras, suku bangsa, bahasa, agama, dan kebudayaan, disebut masyarakat bangsa, yakni suatu masyarakat yang tidak disatukan oleh kesamaan apapun. Dorongan bersatunya bangsa Indonesia terletak pada hasrat atau kemauan.
Terjadinya bentuk-bentuk perbedaan sosial dalam masyarakat diakibatkan oleh adanya ciri-ciri tertentu, yaitu ciri-ciri fisik, sosial, dan budaya.
a.    Ciri-ciri fisik, yang berkaitan dengan ras; yaitu penggolongan manusia atas dasar persamaan ciri-ciri fisik yang tampak dari luar, seperti bentuk kepala, bentuk badan, bentuk hidung, bentuk rambut, bentuk muka dan tulang rahang bawah, serta warna kulit, rambut, dan mata. Perbedaan ciri-ciri fisik sangat dirasakan pada masyarakat dalam negara yang menjalankan politik diskriminasi rasial, misalnya politik Apartheid di Afrika Selatan, sebelum presiden Nelson Mandela.
b.    Ciri-ciri sosial, yaitu yang berkaitan dengan status dan peran para warga masyarakat dalam kehidupan sosial. Setiap orang melakukan berbagai peran untuk kepentingan dirinya sendiri atau kepentingan masyarakat. Hal itu berkaitan dengan pekerjaan atau profesi para warga masyarakat, termasuk mata pencahariannya. Pekerjaan ada kaitannya dengan penghasilan sehingga menimbulkan kesan adanya tingkatan tinggi rendah. Namun, antara pekerjaan yang satu dengan yang lain tidak menunjukkan tingkatan, tetapi ada perbedaan. Misalnya, antara petani, pedagang, guru, dan pegawai.
c.    Ciri-ciri budaya, yaitu ciri yang merupakan budaya dan suku. Dalam kehidupan masyarakat digolongkan menjadi masyarakat Batak, Bugis, Lombok, Toraja, Ambon, Asmat, Jawa, dan lainnya atau dalam linkup yang lebih luas, misalnya masyarakat Afrika, Asia, Amerika, atau Eropa. Penggolongan ini didasarkan atas ciri-ciri yang dimiliki masing-masing budaya.
Dengan adanya perbedaan sosial (diferensiasi) maka dapat kita katakan bahwa diferensiasi merupakan awal adanya stratifikasi dan menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Namun, tidak dapat ditafsirkan bahwa semua diferensiasi akan mendorong lahirnya stratifikasi sosial dan menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Stratifikasi sosial dapat memperkuat adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat.
Namun pada kenyataannya, di dalam masyarakat juga terdapat potensi yang mendorong terhapusnya perbedaan-perbedaan. Misalnya dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menghapus perbedaan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, atau suku bangsa yang satu dengan suku bansa yang lain. Ada enam macam diferensiasi sosial, yaitu:
1.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan RAS; ciri-ciri yang menjadi dasar pembagian RAS adalh sebagai berikut:
a.       Bentuk kepala (cephalicus).
b.      Bentuk badan.
c.       Bentuk hidung.
d.      Bentuk rambut.
e.       Warna kulit.
f.       Warna mata.
g.      Bentuk muka.
2.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan agama.
3.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan jenis kelamin.
4.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan umur.
5.    Diferensiasi sosial berdasarkan profesi.
6.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan klan.
7.    Diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa.
(Roli Abdul Rahman, Menjaga Aqidah dan Akhlak, hal. 112-113, Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007)
3.      Dampak Negatif Diskriminasi
a.       Memicu munculnya sektarianisme.
b.      Memunculkan permusuhan antar kelompok.
c.       Mengundang masalah sosial yang baru.
d.      Menciptakan penindasan dan otoritarianisme dalam kehidupan.
e.       Menghambat kesejahteraan kehidupan.
f.       Menghalangi tegaknya keadilan.
g.      Menjadi pintu kehancuran masyarakat.
h.      Mempersulit penyelesaian masalah.

4.      Cara Menghidari Diskriminasi
Untuk menghindari sikap dikriminasi, maka setiap muslim harus mengedepankan sikap musawah. Sikap musawah (persamaan) cukup urgen dalam kehidupan modern. Sikap ini memiliki tujuan untuk menciptakan rasa kesejajaran, persamaan, dan kebersamaan serta penghargaan terhadap sesama manusia sebagai makhluk Tuhan. Menempatkan sesama manusia pada posisi sejajar merupakan keutamaan yang akan menyadarkan setiap orang untuk memberikan yang terbaik dari apa yang dapat dilakukan.
Sehingga sikap musawah akan menjadi jalan baru bagi sesama manusia untuk melakukan kebajikan dalam rangka membangun kebersamaan dan kemaslahatan. Pengakuan terhadap persamaan harkat, martabat, dan derajat kemanusiaan, merupakan perwujudan keimanan (tauhid) seseorang dan akan membawa pada tingkat ketakwaan yang tinggi.
Pengelompokkan dan solidaritas dipandang Al-Qur’an sebagai fitrah, Sunatullah yang tidak akan berubah. Firman Allah:
Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.” (QS. Yunus: 64)
Demikian pula ditegaskan Allah dalam Al-Qur’an:
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. al-Hujurat: 13)
            Manusia yang secara fitrah diciptakan dengan memiliki keragaman, dihaapkan dapat saling mengenal, dengan cara ini akan muncul pemahaman untuk saling mengakui kesamaan, sehingga pada akhirnya akan bersama-sama untuk memperjuangkan kebaikan dan kemaslahatan bersama dalam tatanan sosial kemasyarakatan. Kehadiran Rasulullah di tengah-tengah masyarakat Madinah, menjadi bukti betapa pentingnya menjauhkan sikap diskriminasi dan mengendepankan sikap musawah.
            Dengan sikap ini Rasulullah dengan sahabat setianya dengan tulus oleh kaum Anshor . Demikian pula Rasulullah saw. tidak pernah melebihkan antara sahabat satu dengan lainnya. Bahkan ketika menjadi pemimpin negara Madinah, beliau tidak pernah menomor duakan warganya, lantaran sentimen agama, kelompok ras dan budaya. Semua warga memiliki hak yang sama untuk dihormati dan diperhatikan serta diberikan pelayanan sebagaimana yang lain selama tidak saling mengganggu dan memusuhinya. Sifat musawah akan menwujudkan sikap saling menghargai dan melindungi kehormatan serta keselamatan sesama.
            Sebagai sebuah masyarakat yang majemuk, sikap diskriminasi harus dijauhkan dari pergaulan manusia. Sebab muslim wajib mengedepankan sikap musawah, kerana sikap persamaan merupakan pilar utama dimana hak dan kewajiban ditegakkan atas dasar kesadaran bersama. Dengan demikian tidak ada warga yang merasa dipinggirkan lantaran sentimen agama, kelompok, suku, ras, dan budaya. Semua warga negara memiliki hak yang sama untuk dihormati dan diperhatikan sebagai komunitas masyarakat dan bangsa yang mendiami suatu negeri. Diskriminasi dengan atas nama apapun termasuk dengan simbol-simbol agama, merupakan bagian dari bentuk pelanggaran terhadap hak dan persamaan hidup. Jadi, dalam masyarakat demokratis tidak dikenal istilah superioritas atau yunioritas satu sama lain. Karena dikotomi hak akan dapat menimbulkan konflik sosial dan kadang-kadang justru berujung pada konflik agama dan keyakinan yang pada akhirnya akan menjauhkan masyarakat dari kehidupan yang di rahmati Allah sebagaimana ungkapan “baldatun thoyyibatun warabbun ghafur.”
            Di samping persamaan, untuk menghindari sikap diskriminasi, maka harus ditonjolkan persaudaraan sesama orang beriman dan bahkan kepada sesama manusia. Sejarah telah mencatat dengan tintah emas, betapa indah dan tulusnya persaudaraan antara kaum pendatang dari Mekkah dengan kaum penolong dari Madinah. Mereka rela berbagi apa saja untuk saudaranya seiman. Demikianlah persaudaraan Islam betul-betul merupakan nikmat Allah yang harus disyukuri dan dipelihara sebagaimana firman Allah:
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imron: 103)
            Supaya persaudaraan yang dijalin dapat tegak dengan kokoh, maka diperlukan empat tiang penyangga utamanya, yaitu:
1.      Ta’aruf yaitu saling keal mengenal yang tidak hanya bersifat fisik atau biodata ringkas belaka, tetapi lebih jauh lagi menyangkut latar belakang pendidikan, budaya, keagamaan, pemikiran, ide-ide, cita-cita serta problema kehidupan yang dihadapi.
2.      Tafahum yaitu saling memahami kelebihan dan kekurangan, kekuatan, dan kelemahan masing-masing, sehingga segala macam bentuk kesalapahaman dapat dihindari.
3.      Ta’awun yaitu saling tolong menolong, dimana yang kuat menolong yang lebih dan yang memiliki kelebihan menolong yang kekurangan, dengan konsep ini maka kerjasama akan tercipta dengan baik dan saling menguntungkan sesuai fungsi dan kemampuan masing-masing.
4.      Tafakul yaitu saling memberikan jaminan, sehingga menimbulkan rasa aman, tidak ada rasa kekhwatiran dan kecemasan menghadapi hidup ini, karena ada jaminan dari sesama saudara untuk memberikan pertolongan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan.

5.      Hikmah Menghindari Diskriminasi
1.      Mengutamakan orang lain.
2.      Meringankan beban orang lain.
3.      Tidak menjadi beban orang lain.
4.      Ramah tamah terhadap sesama manusia.
5.      Berperilaku sesuai ajaran Islam.

6.      Wajar dan realistis.

12 comments:

  1. Hallo kepada semua pecinta judi online
    Agen terpercaya 100% di indonesia

    kristalpoker menyediakan 7 game

    Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
    2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
    3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
    4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
    5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit

    silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
    jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali ini GAN, Ditunggu Artikel Yang Selanjutnya yah Gan.


    Togel Online
    Agen Togel

    ReplyDelete
  3. Ayuk Bergabung Bersama kami di http://www.PokerSemi.com Kami Juga menyediakan berbagai macam game dalam 1 ID :- Poker- Capsa - Ceme - Q- Kick- Ceme Keliling Dan - Live PokerBanyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti andakami Juga memberikan bonus Seperti- Bonus New member 10%- Bonus Turnover 0.5% Dan - Bonus Refferal 20%Di tunggu apa lagi ganBuruan Daftar diri anda di http://www.PokerSemi.comAnda juga bisa Hubungi CS kami :- Line : PokerSemi- Skype : PokerSemi- WeChat : PokerSemi- Webz : http://www.PokerSemi.comUntuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di http://www.PokerSemi.comSalam Dari Admin PokerSemI

    ReplyDelete
  4. Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)Segera dapatkan promo terbaru kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Segera daftarkan diri anda di http://www.ibcwin.com

    Judi Online
    Judi Bola
    Taruhan Bola
    Bandar Judi Online
    Casino Online

    ReplyDelete


  5. Ayuk Bergabung Bersama kami di http://www.PokerSemi.com
    Kami Juga menyediakan berbagai macam game dalam 1 ID :
    - Poker
    - Capsa
    - Ceme
    - Q- Kick
    - Ceme Keliling Dan
    - Live Poker
    Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda
    kami Juga memberikan bonus Seperti
    - Bonus New member 10%
    - Bonus Turnover 0.5% Dan
    - Bonus Refferal 20%
    Di tunggu apa lagi gan
    Buruan Daftar diri anda di http://www.PokerSemi.com
    Anda juga bisa Hubungi CS kami :
    - Webz : http://www.PokerSemi.com
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di http://www.PokerSemi.com
    Salam Dari Admin PokerSemI

    ReplyDelete
  6. Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :) Mari Bos ku segera bergabung dengan Kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Kunjungi kami di http://www.ibcwin.com

    Taruhan Bola
    Bandar Judi Online
    Casino Online


    ReplyDelete
  7. Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)Segera dapatkan promo terbaru kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami bonus member ya. Segera daftarkan diri anda di http://www.ibcwin.com

    Judi Online
    Judi Bola
    Taruhan Bola
    Bandar Judi Online

    ReplyDelete
  8. Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :) Mari Bos ku segera bergabung dengan Kami Agen Bola Terpercaya. Dapatkan promo terbaru dari kami. Kunjungi kami di http://www.ibcwin.com

    Bandar Judi Online
    Casino Online
    Agen Bola
    Live Casino

    ReplyDelete
  9. Nice Article…thanks for sharing
    informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya ....thanks gan

    Ingin berpenghasilan lebih?
    Kini hadir permainan baru yang bisa menambah penghasilan anda
    Modal sedikit dan untung banyak hanya di http://www.armaniqq.org
    Segera daftarkan diri anda di ArmaniQQ dan rasakan bedanya
    Bonus TurnOver 0.5%
    Bonus Refferal 20% seumur hidup
    Bonus Jackpot ratusan juta rupiah
    Proses deposit dan withdraw 2 menit - 3 menit
    Minimal deposit 25rb dan minimal withdraw 50rb
    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui :
    Pin BBM : 2B455ED8
    WA : +6287868803868


    Agen Poker
    DominoBet
    Domino Qiu Qiu
    Poker Online
    CapsaSusun
    Domino QQ

    ReplyDelete
  10. PILIH BO AMAN DAN TERPERCAYA BERSAMA KAMI DISINI VISTATOTO SITUS TERBAIK TOGEL & GAMES CASINO !
    2D DEPAN - 2D TENGAH - 2D BELAKANG DI BAYAR X 70.000
    MINIMAL DEPOSIT Rp 25.000 MINIMAL WITHDRAW Rp 50.000
    TUTUP PASARAN PALING LAMA !

    GABUNG DI SINI
    👇👇👇👇👇
    🔘( VISTATOTO )🔘
    ✔BONUS NEW MEMBER UP 20%
    ✔BONUS DEPOSIT UP 3%
    ✔PROMO TERBALIK 2D/3D/4D
    ✔HADIAH JACKPOT BERTURUT
    ✔PROMO REFERAL 2%
    ✔BONUS BANDAR DARAT BERHADIAH MINGGUAN
    ===========================
    ↗Discount :
    🔘2D/29% X 70 | 3D/49% X 500 | 4D/66% X 3000
    🔘BBFS 9 DIGIT
    🔘POLA ANGKA TARUNG
    ===========================
    📲 WHATSAAP : +6281270922014
    📲 TELEGRAM : +6281270922014

    vistatoto
    jackpot
    judi togel online
    situs togel online
    Casino online
    Bandar togel
    Prediksi togel
    angka ramalan

    ReplyDelete