Friday, February 6, 2015


Jenis Laporan
Untuk puskesmas ada beberapa jenis laporan wabah yang dikenal. Laporan tersebut jika disederhanakan secara umum dapat dibedakan atas empat macam yakni:
1.      Laporan terjangkitnya keadaan wabah.
Laporan pertama yang harus dilakukan oleh puskesmas ialah tentang terjangkitnya keadaan wabah. Laporan ini harus dikirimkan dalam waktu 24 jam setelah keadaan wabah tersebut diketahui. Karena itulah laporan terjangkitnya wabah dikenal pula dengan nama laporan 24 jam.
Laporan 24 jam ini dilakukan dengan mempergunakan formulir W1. Ada tiga jenis formulir W1 yakni formulir W1 Pu, W1 Ka dan W1 Pr. Yang dipergunakan oleh puskesmas ialah formulir W1 Pu (Puskesmas). Formulir ini setelah diisi dikirimkan ke Dinas Kesehatan Tingkat II. Formulir lain ialah W1 Ka (Kabupaten) yang dipergunakan oleh Dinas Kesehatan Tingkat II untuk dikirimkan ke Dinas Kesehatan Tingkat I serta Formulir W1 Pr (Provinsi) yang dipergunakan oleh Dinas Kesehatan Tingkat I untuk dikirim ke Direktur Jendral P3M-PLP.
Sekalipun laporan terjangkitnya wabah dari puskesmas harus mempergunakan formulir W1 Pu, bukan berarti laporan dengan cara lain tidak diperlukan. Prinsip pokok laporan wabah ialah ‘secepat-cepatnya’. Karena itulah mendahului dikirimnya formulir W1 Pu, laporan wabah dapat disampaikan ke Dinas Kesehatan Tingkat II dengan mempergunakan telepon, telegram atau kurir.
2.      Laporan penyidikan epidemiologi sementara.
Bersamaan dengan dikirimkannya formulir W1 Pu, dikirim pula laporan penyidikan epidemiologi sementara yang telah dilakukan oleh puskesmas. Di sini dilaporkan jenis penyakit yang mewabah, jumlah penderita yang terserang, lokasi tempat terjadinya wabah, serta waktu terjadinya wabah tersebut. Jika data telah dimiliki, lengkapi pula dengan keterangan tentang sumber penularan penyakit yang dicurigai.
3.      Laporan keadaan wabah.
Laporan lain yang harus dilakukan ialah tentang keadaan penyakit wabah di satu daerah. Pada keadaan wabah mencakup hasil penanggulangan yang dilakukan, sedangkan pada keadaan tidak wabah menjelaskan keadaan penyakit wabah pada saat tersebut. Laporan keadaan wabah ini harus dibuat setiap minggu dan karena itu dikenal dengan nama laporan mingguan.
Laporan mingguan ini dibuat dengan mempergunakan formulir W2. Ada tiga jeis formulir W2 yakni W2 Pu, W2 Ka dan W2 Pr. Yang dipergunakan oleh puskesmas ialah formulir W2 Pu (Puskesmas) yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan Tingkat II, sedangkan formulir W2 Ka (Kabupaten) dipergunakan oleh Dinas Kesehatan Tingkat II yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan Tingkat I dan formulir W2 Pr (Provinsi) dipergunakan oleh Dinas Kesehatan Tingkat I yang dikirimkan ke Direktorat Jendral P3M-PLP.
Laporan mingguan ini berisikan data tentang peristiwa penyakit (morbidity) dan peristiwa kematian (mortality) beberapa penyakit yang potensi menimbulkan wabah. Karena tujuannya untuk mengetahui keadaan penyakit wabah di suatu daerah, maka laporan mingguan ini harus dibuat secara rutin, baik pada keadaan tidak ada wabah dan apalagi pada keadaan wabah.
Sebagai bagian dari laporan rutin, maka formulir W2 ini harus diisi dan dikirimkan setiap seminggu sekali, biasanya tiap hari senin atau selasa.
Pada formulir tersebut tersedia kolom-kolom yang menguraikan peristiwa terjangkitnya penyakit yang termasuk dalam penyakit wabah menurut hari demi hari. Tulislah menurut urutannya.
Jika ada kekeliruan pada laporan minggu yang lalu dapat dilakukan perbaikan dengan menulis huruf K (koreksi) pada bagian kanan dari yang diperbaiki. Begitu pula jika ada data susulan, dengan menulis huruf S (susulan) pada bagian kanan data yang disusulkan.
4.      Laporan berakhirnya wabah.
Laporan lain yang harus dikirimkan oleh puskesmas ke Dinas Kesehatan Tingkat II ialah laporan berakhirnya wabah. Sebagaimana namanya, laporan ini hanya dibuat apabila keadaan wabah telah berhasil ditanggulangi.

Refrensi: Dr. Resna A. Soerawidjaja & Prof. DR. Dr. Azrul Azwar, M.P.H; Penanggulangan
   Wabah oleh PUSKESMAS


2 comments:

  1. Informasi yang sangat bagus dan bermanfaat gan. ditunggu informasi nya selanjutnya gan:) terima kasih ^^



    Selamat Datang di Intanqq

    Intanqq menyediakan 7 permainan dalam 1 ID
    Berikut permainannya :
    - BandarQ
    - AduQ
    - Bandar poker
    - Bandar sakong
    - Domino
    - Poker
    - Capsa

    Berikut keuntungan bermain di Agent Poker Intanqq :
    - Bonus Turnover 0.3% dibagikan setiap hari
    - Bonus Extra turnover setiap minggu
    - Bonus referal sampai 20% dan berlaku seumur hidup
    - Proses depo dan wd HANYA 1 menit
    - Minimal depo dan wd HANYA Rp.15.000
    - Win Rate 98%

    Ayo tunggu apalagi? segera bergabung bersama kami dan kunjungi website kami bosku ^^. menangkan hadiah nya bosku ^^

    ReplyDelete
  2. MenangDomino99 merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    MenangDomino99 menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh MenangDomino99 :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di MenangDomino99 :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AFFCE66
    phone : +855969440399
    we chat : Menangdomino99

    ReplyDelete