Saturday, September 6, 2014

Bismillahirrohmanirrohim 
(dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)

Penanaman Tanaman Bakau di Pantai
            Sumber daya alam biasa disingkat dengan SDA adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam meliputi komponen biotik seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme serta komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, tanah, dan cahaya matahari.
            Pada umumnya sumber daya alam berdasarkan sifatnya digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. SDA yang dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang dapat terus tersedia selama penggunaannya tidak berlebihan, misalnya tumbuhan, hewan, air, dan cahaya matahari. SDA yang tidak dapat diperbarui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya sehingga jika digunakan terus-menerus akan habis. SDA yang tidak dapat diperbarui antara lain minyak bumi dan batu bara.
            Peningkatan populasi manusia dan inovasi teknologi telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya semakin terbatas. Jika ekploitasi berlangsung terus-menerus SDA lama-kelamaan akan habis. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya pelestarian sumber daya alam seperti berikut.
1.      Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui secara hati-hati dan efisien, misalnya air, tanah, dan udara.
2.      Melakukan strategi konservasi untuk melestarikan sumber daya alam berupa tumbuhan dan hewan, mislanya mendirikan suaka margasatwa dan cagar alam.
3.      Mengembangkan metode penambangan dan pemrosesan yang lebih efisien serta dapat didaur ulang.
4.      Melaksanakan etika lingkungan dengan menjaga kelestarian alam.

1 comment: