Monday, September 29, 2014

Bismillahirrohmanirrohim
(dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)

Ginjal salah satu organ
terpenting dalam tubuh manusia
            Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang berbentuk seperti kacang , ginjal terletak pada bagian bawah tulang rusuk di sisi kanan dan kiri belakang. Meski tubuh kita di lengkapi dengan dua ginjal, kita dapat menggunakan dengan satu ginjal yang cukup sehat jika salah satu ginjal rusak di hilangkan. Ginjal menerima darah dari aorta, dan mengirimkannya kembali ke jantung dengan keseimbangan bahan kimia yang tepat dan cairan untuk di salurkan ke seluruh tubuh. Urin di buat oleh ginjal dipindahkan  keluar dari tubuh melalui saluran kemih dan ginjal merupakan salah satu alat pengeluaran (ekskresi) di dalam tubuh, berbentuk seperti kacang yang fungsinya menyaring kotorang dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Jika ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya akan berakibat fatal terhadap tubuh, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah penyakit gagal ginjal. Untuk dapat mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal pada tubuh kita, maka kita perlu tahu hal apa saja yang dapat menyebabkan serta jenis penyakit ginjal tersebut.
            Penyakit ginjal terbagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis, gagal ginjal ini timbu secara tiba-tiba, dapat dirasa sehari atau seminggu dan cepat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul secara perlahan-lahan sebulan atau setahun dan pengobatannya cukup lama.
            Adapaun tanda gagal ginjal akut: nyeri pinggang tidak tertahankan, bengkak pada mata, bengkak kaki, nyeri saat buang air kecil, sedikit merah atau keluar darah dan serig buang air kecil. Sedangkan tanda-tanda gagal ginjal kronis: mual, muntah, badan bengkak, lemas tidak bertenaga, nafsu makan berkurang, gatal berlebihan, sesak nafas, wajah pucat (anemia) berbeda dengan sakit tipus atau kejang pada otot.
            Adapun penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal:
1.      Kurang minum air putih.
2.      Sering menahan kencing.
3.      Sering konsumsi alkohol.
Hal sederhana untuk mencegah penyakit ginjal:
1.      Hindari konsumsi alkohol
2.      Mengatur pola makan.
3.      Berhenti merokok.
4.      Minum air putih yang cukup.
Jika kita terkena penyakit ginjal, obat-obatan kimia di apotik akan menjadi makanan kita sehati-hari. Tetapi, kita tidak harus selalu berpatokan pada obat-obatan kimia. Ada juga obat-obatan herbal yang dapat membantu kita untuk menyembuhkan penyakit ginjal:
1.      Pucuk daun keji beling.
2.      Rambut jagung muda.
3.      Temulawak diiris tipis.
4.      Daun kumis kucing.
5.      Gula merah.
6.      Garam dapur.
Cara meraciknya:
Rebus daun keji beling, temulawak, rambut jagung muda, kumis kucing, biarkan sampai mendidih. Kemudian tambahkan  gula merah dan garam dapur secukupnya. Setelah dingin minumlah tiga kali sehari secara rutin.

Itulah cara pengobatan penyakit ginjal.

0 comments:

Post a Comment