Tuesday, February 10, 2015


Isa adalah seorang nabi yng dilahirkan oleh seorang wanita suci yang tidak mempunyai suami, dia adalah Maryam. Ia adalah termasuk seorang wanita suci syng selalu taat kepada A;;ah. Itu semua adalah termasuk kekuasaan Allah dan kehendakNya, sebagaimana firman Allah:
Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang sesama dengan kamu). Hai Maryam taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” (QS. Ali Imron: 42-43)
1.      Maryam Mendapat Kabar Gembira
Malaikat telah datang membawa kabar gembira kepada Maryam, yakni bahwa Allah akan mengkaruniakan seorang anak yang diciptakan dengan kata-kata (Kun), bukan melalui proses biasa.
Mendengar berita tersebut, Maryam terkejut sekali, karena dirinya masih perawan dan belum bersuami. Sebagaimana firman Allah:
Sesungguhnya penciptaan Isa disisi Allah seperti (pernciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, jadilah (seorang manusia), maka jadilah dia (apa yang kami ciptakan itu) itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.” (QS. Ali Imron: 59-60)
2.      Maryam Hamil
Allah menyuruh malaikat untuk menemui Maryam dan meniupkan sesuatu dalam perutnya, maka seketika itu Maryam hamil. Dalam masa mengandung, Maryam mengasingkan diri untuk menghindari gunjingan dari orang lain. Padahal Maryam adalah termasuk wanita baik yang selalu taat kepada Allah.
Dengan dibayangi pikiran-pikiran yang demikian itu, maka ketika ia merasa akan melahirkan, ia cepat-cepat menghampiri pohon-pohon kurma untuk bersembunyi dan bersandar padanya. Dan dengan pertolongan Allah, ditempat itulah Isa dilahirkan.
3.      Isa Dibawah Ke Tengah-Tengah Masyarakat
Setelah Isa dan Maryam dalam keadaan sehat, maka Maryam membawa bayinya ke tengah-tengah masyarakat, sudah barang tentu mereka semua terkejut melihat Maryam yang tidak bersuami mengandung seorang bayi yang dilahirkan sendiri. Hal tersebut menimbulkan keraguan dan kecurigaan dan berbagai macam tuduhan yang ditujukan kepada Isa. Atas perintah Allah, Maryam disuruh diam mendengarkan semua tuduhan yang ditujukan kepada dirinya. Tapi berkat kekuasaan Allah, Isa yang masih bayi dapat berbicara dan dapat menjelaskan semua yang terjadi pada dirinya dengan tegas dan jelas, sehingga dapat menentramkan hati ibunya dan mentenangkan orang-orang yang membicarakan tentang kelahirannya.
4.      Kenabian Isa as
Ketika Isa berumur 30  tahun, Allah mengangkatnya sebagai nabi setelah diturunkan kepadanya wahyu dan diajarkan kepadanya Taurat dan Inji. Sebagaimana firman Allah:
...Dan Kami telah memberikannya kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu kitab Taurat, dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Al Maidah: 46)
5.      Berita Gembira Buat Isa Tentang Kedatangan Muhammad saw
Salah satu ajaran Isa adalah adanya berita tentang akan datangnya seorang rasul sesudahnya yang bernama Ahmad atau Muhammad saw. sebagaimana firman Allah:
Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata: Hai bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira (datangnya) seorang rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” (QS. Shod: 6)
6.      Al Hawariyyun
Al Hawariyyun adalah sahabat-sahabat dan murid-murid Isa yang dekat. Mereka inilah pembawa ajaran yang disebarkan kepada kaumnya.
Nabi Isa as. diutus untuk berda’wa kepada kaum bani Israil yang banyak merubah syariat kitab Taurat dan banyak bergelimpangan dalam kesesatan dan kemungkaran. Nabi Isa mengajak kaumnya untuk menuju jalan Allah. Namun ajakan Isa ersebut hanya diikuti sebagian kecil dari kaumnya. Sebagaimana firman Allah:
Maka ketika Isa mengetahui keinginan dari mereka (bani Israil) berkatalah dia: Siapakah yang akan menjadi penolong-penolong untuk (menegakkan agama) Allah? Para Hawariyyun menjawab: Kamilah peonolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah, dan saksikanlah bahwa kami sesungguhnya orang-orang yang menyerahkan diri. Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami kedalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah).” (QS. Ali Imron: 52-53)
7.      Mu’jizat Nabi Isa as
Diantara mu’jizat nabi Isa adalah:
1.      Isa dapat membuat mainan burung dari tanah liat, kemudian burung itu ditiup hingga menjadi burung  yang sesungguhnya dengan izin Allah.
2.      Isa dapat menyembuhkan orang buta sejak kelahiran, hingga dapat melihat (dengan izin Allah).
3.      Isa dapat menyembuhkan orang buta sopak (seizin Allah).
4.      Dapat menghidupkan orang mati dengan cara memanggil dan mengusapnya.
5.      Bisa menceritakan kepada orang-orang yang mereka makan dan simpan di rumah mereka.
6.      Isa dapat menurunkan makanan dari langit untuk memenuhi permintaan Hawariyyun agar mereka dapat menikmatinya dan menyakini kebenaran kerasulannya.

8.      Wafatnya Isa as
Isa as. biasa disebut dengan Yesus. Kematiannya Isa tidaklah dibubuh dan tidaklah disalib oleh orang-orang yang mengejarnya pada saat itu. Akan tetapi yang mereka bunuh dan yang mereka salib adalah dari golongan mereka sendiri, yang rupa dan bentuknya disamakan dengan nabi Isa as. sebagaimana firman Allah:

Dan karena ucapan mereka: Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasulullah padahal mereka tidka membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang yang berselisih faham tentang (pembunuhan) Isa benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu, kecuali mengikuti prasangka belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.” (QS. An Nisa’: 157)

2 comments:

  1. Terimakasih banyak atas informasinya...!
    salam kenal dan semoga sukses :D

    ReplyDelete
  2. MenangDomino99 merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    MenangDomino99 menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh MenangDomino99 :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di MenangDomino99 :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AFFCE66
    phone : +855969440399
    we chat : Menangdomino99

    ReplyDelete