Tuesday, February 10, 2015

1.      Kelebihan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman
Allah telah memberikan kelebihan kepada Daud dan Sulaiman berupa ilmu perundang-undangan dan hukum. Kedua nabi itupun telah mengetahui ukuran kesempurnaan nikmat Allah yang diberikan kepada mereka. Sebagaimana firman Allah:
Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Daud dan Sulaiman dan keduanya mengucapkan: Segala puji bagi Allah yang telah melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambaNya yang beriman.” (QS. An Naml: 15)
2.      Sulaiman Mengerti Pembicaraan Semut dan Burung
Sulaiman adalah satu-satunya putra Daud yang mewarisi ayahnya menjadi seorang nabi dan mewarisi tahta kerajaan. Dan kehebatan yang diberikan Allah kepada Sulaiman membuat para pembesar heran, karena Allah memberikan kepada Sulaiman kelebihan dapat mengerti bahasa binatang.
Pada suatu hari Sulaiman berjalan dengan bala tentaranya yang terdiri dari jin, manusia dan burung, hingga pada suatu lembah yang banyak semutnya, Sulaiman mendengar suara semut itu berkata kepada teman-temannya: Hai semut lihatlah itu Sulaiman berjalan dengan tentaranya menuju kearah kamu. Maka beregeralah kamu bersembunyi di lubang-lubang, sehingga mereka tidak membinasakan kamu dengan injakannya, sedangkan mereka tidak akan meresakan bahwa kamu itu ada.
Mendengar suara semut itu Sulaiman bergembira, karena semut itu telah mengingatkan pada kenabian, kebijaksanaan dan kasih sayang yang telah Allah berikan kepadanya, yang tidak dapat diketahui oleh manusia biasa. Kemudian setelah itu Sulaiman bermunajat kepada Allah: Ya Tuhanku, jadikanlah aku orang yang selalu mensyukuri ni’matMu, dan masukkanlah aku dengan karunia dan rahmatMu kedalam golongan orang-orang sholih yang mendapatkan ridloMu.
3.      Cobaan Sulaiman
Allah telah menguji (memberikan cobaan) kepada Sulaiman dengan penyakit yang berat, sehingga apabila ia duduk diatas kursi, tampak seakan-akan ia sebagai jasad yang tidak mempunyai ruh. Kemudian ia kembali sembuh. Sebagaimana firman Allah:
Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak diatas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat.” (QS. Shod: 34)
4.      Sebab-Sebab Allah Menguji Sulaiman
Allah memberi cobaan kepada Sulaiman karena istrinya yang bernama Djaradah menyembah berhala didalam istana dan tidak diketahui oleh Sulaiman, pada saat itu datang cobaan Allah. Nabi Sulaiman kehilangan benda pusaka kerajaannya berupa cincin, yang menjadikan Sulaiman kehilangan kewibawaannya. Cincin tersebut jatuh ditangan  jin yang bernama Shohor. Sehingga jin tersebut dapat menjelma menjadi Sulaiman dan mengumpulkan bala tentaranya seperti jin, manusia dan burung. Setelah Sulaiman mengetahui yang menduduki singgasananya itu adalah jin yang bernama Shohor, maka Sulaiman berkata: Aku ini Sulaiman. Seketika itu bala tentara tadi bubar dan disitu pula nabi Sulaiman kehilangan kewibawaannya. Nabi Sulaiman menyesali kesalahannya dalam mengawasi keluarganya yakni istrinya yang menyembah berhala. Kemudian Sulaiman bertaubat kepada Allah dan berdo’a:
Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan sebagai mu’jizat yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi.”
5.      Kelebihan Nikmat Bagi Sulaiman
Ada beberapa kelebihan yang diberikan Allah kepada Sulaiman diantaranya adalah:
1.      Sulaiman telah diberi kekuasaan dan kekuatan atas angin. Dengan perintahnya ia dapat membuat angin itu bertiup kemana saja yang ia kehendaki.
2.      Sulaiman dapat menundukkan setan-setan untuk mengabdi kepadanya. Diantara setan-setan itu ada yang ahli bangunan untuk membangun istana-istana dan benteng-benteng yang kokoh dan kuat, dan ada pula yangahli selam didalam lautan yang dalam dan mengeluarkan mutiara-mutiara dan batu-batuan mulia.
6.      Sulaiman dan Kudanya
Diantara nikmat Allah yang diberikan kepada Sulaiman adalah kuda miliknya sendiri yang selalu ia peragakan dihadapannya.
Pada suatu hari Sulaiman ingin melihat kudanya, maka ketika kuda itu kewat dihadapannya, maka Suliaman berkata kepada orang-orang yang berada disekelilingnya sambil membanggakan kudanya: Aku benar-benar mencintai kuda ini untuk mengingat Allah dan mengingat agamaku, bukan untuk di dunia dan kekayaan belaka. Sebagaimana firman Allah:
Sesungguhnya aku (Sulaiman) menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) karena ingat kepada Tuhanku sampai kuda itu tertutup dari pandangan.” (QS. Shod: 32)
7.      Sulaiman dan Ratu Saba’
Saba’ adalah negeri di Yaman, yang perjalanannya antara kota tersebut dengan kota Shan’a memakan waktu selama tiga hari. Pernduduk Saba’ ini telah diperintah oleh ratu yang bernama Bulgis, yang menyembah matahari.
Pada suatu hari ketika nabi Sulaiman mengumpulkan semua burung dan pada saat itu ada satu burung yang tidak hadir yaitu burung hud-hud. Ketidak hadiran burung itu membuat Sulaiman marah dan akan menghukum burung tersebut. Namun belum lama nabi Sulaiman marah, burung hud-hud itu datang membawa berita, bahwa di negeri Saba’ ada seorang yang menyombongkan diri dengan kekayaannya dan semua penduduknya menyembah kepada Matahari. Mendengar berita tersebut Sulaiman tidak langsung percaya. Untuk membuktikan apakah berita tersebut benar atau salah, maka Sulaiman mengutus kepada burung hud-hud untuk menyampaikan surat kepada ratu Bulgis. Surat tersebut isinya seperti yang tertulis didalam Al-Qur’an:
Sesungguhnya surat ini datang dari Sulaiman dan sesungguhnya dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Janganlah kamu berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS. An Naml: 30-31)
Setelah membaca surat dari Sulaiman, ratu Bulgis langsung mengumpulkan pada abdinya untuk membahas surat tersebut. Setelah mendengar pendapat dari pada abdinya yang begitu menggebu dan bersemangat untuk memerangi kerajaan Sulaiman, maka ratu Bulgis mengirim utusan untuk menemui nabi Sulaiman sambil menyerahkan hadiah. Setelah utusan tersebut sampai di istana Sulaiman dan menyerahkan hadiah  nabi Sulaiman menolaknya, karena nabi Sulaiman mengirim surat kepada ratu Bulgis bukan menginginkan hartanya, tapi meninginkan agar ratu Bulgis datang sambil beriman kepada Allah, mengikuti syariatnya dan meninggalkan menyembah kepada Matahari.
Setelah utusan itu kembali menghadap ratu Bulgis sambil menceritakan pertemuannya dengan Sulaiman dan melihat kemegahan kerajaannya dan menyampaikan ancaman nabi Sulaiman yang akan menyerbu kerajaan Saba’,  jika tidak mau beriman.
Setelah mendengar ancaman tersebut, maka ratu Bulgis dan para pembesar kerajaannya menuju kerajaan nabi Sulaiman. Pemberangkatan tersebut diketahui oleh nabi Sulaiman, maka Sulaiman mengumpulkan pembesar-pembesar kerjaannya dan berkata: Wahai pembesar-pembesar siapa diantara kalian yang dapat membawa singgasana ratu Bulgis kemari. Berkata Ifrit diantara jin-jin itu: Aku akan membawa kemari sebelum engkau beranjak dari tempat dudukmu. Seketika itu jin Ifrit membawa singgasana ratu Bulgis kehadapan Sulaiman sebelum ratu Bulgis sampai di kerajaan nabi Sulaiman. Melihat singgasana itu nabi Sulaiman berkata seperti yang ditulis Allah:
Ini adalah karunia dari Tuhanku untuk mencobaku, apakah aku dapat bersyukur atau aku mengingkari akan nikmat-nikmatNya. Dan barang siapa bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk kebaikan dirinya sendiri, dan barang siapa yangingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.” (QS. An Naml: 40)
Setelah Sulaiman bersyukur, kemudian ia menyuruh kepada pembantunya untuk merubah sedikit singgasana ratu Bulgis dengan maksud apakah ia dapat mengenalnya atau tidak.
Setelah ratu Bulgis sampai di kerajaan nabi Sulaiman, ratu Bulgis merasa heran melihat singgasana nabi Sulaiman sama persis dengan singgasananya yang ia tinggalkan di kerajaannya. Setelah mengamati singgasana tersebut ia yakin, bahwa ini adalah salah satu mu’jizat nabi Sulaiman yang dapat mendatangkan singgasana kemari. Lalu ia berkata: Sesungguhnya kami telah mengetahui kekuasaan Allah dan kebenaran kenabianmu. Sedang yang menghalangi aku menyatakan keimanan, tidak lain karena aku hidup di lingkungan orang yang tidak beriman. Itulah yang menyembunyikan keimanan itu hingga saat kehadiran kami kepadamu.
Selanjutnya nabi Sulaiman mempersilahkan ratu Bulgis untuk memasuki istananya yang lantainya terbuat dari kaca tipis, rata dan licin. Dibahwanya dialirkan air sehingga tampak seakan-akan ruang tamu itu penuh dengan air. Melihat keadaan yang demikian itu, ratu Bulgis terkejut lalu ia menyingkap kedua betisnya, karena dikira ruangan itu ada airnya dan takut pakaiannya basah. Seketika itu Sulaiman berkata kepada Bulgis dengan maksud menenangkan dan meringankan keheranan, bahwa lantai itu terbuat dari kaca yang tipis dan licin.
Ratu Bulgis melihat penghormatan Sulaiman terhadap nya yang begitu sangat mengherankan, lalu ia menhadapkan wajahnya kepada Tuhan seraya memunajat sekaligus sebagai pernyataan keimanannya.
8.      Wafaatnya Nabi Sulaiman
Tentang kematian nabi Sulaiman tidak ada yang mengetahuinya, baik itu dari golongan manusia, jin atau jenis burung-burung, hanya rayap yang memakan tongkat nabi Sulaiman itulah yang memberitahukannya. Artinya tongkat yang dibuat sandaran nabi Sulaiman telah dimakan oleh rayap, ketika tidak ada keseimbangan, maka terjatuhlah nabi Sulaiman ketanah. Sebagaimana firman Allah:

Maka tatkala telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka akan tetap dalam siksa yang menghinakan” (QS. Saba: 14)

2 comments:

  1. MenangDomino99 merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    MenangDomino99 menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh MenangDomino99 :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di MenangDomino99 :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AFFCE66
    phone : +855969440399
    we chat : Menangdomino99

    ReplyDelete
  2. MenangDomino99 merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    MenangDomino99 menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh MenangDomino99 :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di MenangDomino99 :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AFFCE66
    phone : +855969440399
    we chat : Menangdomino99

    ReplyDelete