Friday, February 6, 2015

“BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM”
Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Keutamaan dan Khasiat Basmalah
Ketika kita akan memulai suatu pekerjaan yang menuju pada kebaikan, hendaklah selalu diawali dengan membaca: “Bismillahirrahmaanirrahim” agar pekerjaan yang kita kerjakan mendapatkan rahmat, hidayah dan barokah dari Allah SWT.
Nabi Muhammad saw. bersabda:
Artinya: “Setiap pekerjaan (urusan) yang mempunyai kebaikan (penting), yang tidak dimulai menyebut “Bismillahir rahmaanirrahim” maka pekerjaan (urusan) itu akan terputus dari rahmat Allah.” (HR. Ibnu Hibban)
Bacaan Basmalah ini sangat banyak sekali khasiat-khasiatnya antara lain:
1.      Supaya kita aman dari godaan syetan dan iblis.
2.      Memperlaris dagangan.
3.      Memberi rasa wibawa yang besar.
4.      Menghindari kita dari hal-hal yang kita benci.
5.      Mengabulkan bermacam-macam hajat/keinginan.
6.      Menambah kewibawaan dihadapan musuh.
7.      Menyembuhkan segala jenis penyakit.
8.      Untuk menghadap pada orang dholim.
9.      Dapat mencerdaskan akal fikiran.
10.  Dapat mendatangkan ikan (bagi para nelayan).
11.  Dapat menumbuhkan rasa mahabba/kasih sayang.
12.  Dapat menundukkan orang dholim.
13.  Menjaga keselamatan saat kita sedang berperang.
14.  Dapat menyuburkan tanaman.
15.  Do’a basmalah.
Artinya: “Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya saya minta kepada-Mu dengan keutamaan bismillahirrahmaanirrahim, dan dengan haknya bismillahirrahmaanirrahim, dan dengan kehebatan bismillahirrahmaanirrahim, dan dengan kedudukan bismillahirrahmaanirrahim, maka junjunglah pangkatku, mudahkanlah semua urusanku, dan lapangkanlah dadaku. Wahai Dzat yang Dia itu adalah kaaf haa yaa ‘ain shaad, haam miim siin ‘ain qaaf, alif laam miim, yaitu Allah yang tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Dia yang Hidup Abadi yang Mengurus segala urusan makhluk-Nya, dengan rahasia Dzat yang mempunyai kewibawaan dan kekuasaan, dan dengan rahasia Dzat yang mempunyai keagungan diri dan kemuliaan, jadikanlah saya termasuk dari hamba-hamba-Mu yang bertaqwa dan golongan orang yang ta’at kepada-Mu lagi mencintai, dan perbuatlah untuk saya seperti itu wahai Dzat yang merajai semua alam. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. dan keluarga beliau serta para sahabat beliau dan semoga memberi keselamatan.”
Catatan:
Syarat-syarat yangharus diperhatikan ketika menulis basmalah:
1.      Suci dari hadas.
2.      Menghadap kiblat.
3.      Tulisan sin harus ada giginya.
4.      Tulisan mim harus bundar tidak boleh buntu.
5.      Titik yak tidak boleh campur.
6.      Sebelum menulis, bacalah Fatihah yang dikhususkan untuk Nabi dan para Rasul, sahabat, ‘auliyah terutama Syekh Abdul Qodir, para solihin, ulama, guru dan orang tua.
7.      Diakhiri dengan tulisan shalawat.
Penjelasan:
Demikian uraian khasiat-khasiat yang terkandung dalam lafal “Basmalah” dan masih banyak lagi. Akan tetapi khasiat-khasiat tadi jangan semata-mata dijadikan andalan tanpa adanya iktiar lahir sekuat kemampuan kita, hendaklah usaha tersebut dilakukan secara bersama-sama. Insya Allah Tuhan akan mengabulkan apa yang kita hajatkan. Hanya kepada Allah kita bertawakkal.
Allah SWT, berfirman:
Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka jawablah bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia berdo’a kepada-Ku .....” (QS. Al Baqarah: 186)


Refrensi: KH. M. Syafi’i, M. Abi Tofani; Asmaa’ul Husnaa; Surabaya; Arkola

0 comments:

Post a Comment