Friday, February 6, 2015


Batasan
Yang dimaksud dengan menetapkan berakhirnya wabah di sini ialah pengambilan kesimpulan tentang berakhirnya keadaan wabah yang terjangkit di suatu daerah.
Sama halnya pada waktu menetapkan timbulnya keadaan wabah, maka pada waktu menetapkan berakhirnya  keadaan wabah ini, ada dua hal yang perlu diketahui yakni:
1.      Keadaan lazim (normal) dari suatu penyakit.
Untuk ini Nilai Batas Keadaan Wabah sebagaimana telah diuraikan, perlu dimiliki. Hitunglah Nilai Batas Keadaan Wabah tersebut untuk tiap penyakit yang mewabah.
2.      Keadaan penyakit saat ini.
Hal kedua yang perlu diketahui ialah keadaan penyakit saat ini. Untuk ini lakukanlah pelbagai upaya pengumpulan data sebagaimana telah diuraikan. Ada baiknya data yang dipergunakan tidak hanya data kegiatan rutin atau laporan masyarakat saja, tetapi juga data yang dicari sendiri secara aktif dilapangan. Hitunglah nilai jumlah rata-rata penyakit tersebut untuk satu minggu.
Yang menjadi masalah pada penetapan berakhirnya keadaan wabah ialah mengetahui keadaan penyakit saat ini. Mudah dipahami karena upaya pengumpulan data tentang kasus baru tidaklah semudah yang diperkirakan.
Aktif atau tidaknya petugas puskesmas atau berperan atau tidaknya Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat, turut menentukan kelengkapan data yang dimiliki. Inilah sebabnya dalam melakukan penanggulangan wabah, perlu diupayakan adanya peran serta masyarakat. Untuk ini sebagaimana telah dikemukakan, diperlukan adanya kejelian dan ketanggapan dari petugas puskesmas sendiri yakni dalam rangka menghindari adanya “peran serta berlebihan” dan/atau “peran serta kurang”.
Apabila data tentang kedua keadaan ini telah diketahui, lakukanlah perbandingan. Dari hasil perbandingan ini akan dapat ditarik kesimpulan apakah keadaan wabah telah berakhir atau tidak.

Menetapkan Kesimpulan Berakhirnya Keadaan Wabah
Seperti juga pada waktu menetapkan munculnya keadaan wabah, maka cara mengambil kesimpulan berakhirnya keadaan wabah, dapat mempergunakan teknik grafik penyakit dan/atau teknik tabel penyakit.
1.      Teknik grafik penyakit.
Teknik grafik penyakit dipergunakan jika berhadapan dengan satu macam penyakit saja. Berakhir atau tidaknya wabah dilihat dari gambaran grafik yang dimiliki. Jika grafik penyakit yang diamati berada di bawah garis horison  wabah, selama paling sedikit 2 kali masa inkubasi penyakit tersebut, dapatlah ditarik kesimpulan bahwa keadaan wabah telah berakhir.
2.      Teknik tabel penyakit
Teknik tabel penyakit dipergunakan jika berhadapan dengan beberapa macam penyakit. Berakhir atau tidaknya wabah dapat dilihat dari data yang dimiliki. Jika perbedaan antara data penyakit dan data Nilai Batas Keadaan Wabah telah negatif selama paling sedikit 2 kali masa inkubasi penyakit tersebut, dapatlah ditarik kesimpulan bahwa keadaan wabah telah berakhir.
Sekalipun hasil perhitungan yang dilakukan telah menunjukkan kepada tanda-tanda berakhirnya keadaan wabah, bukan berarti pengumuman berakhirnya keadaan wabah dapat segera dilakukan. Di masyarakat mungkin saja ditemukan kasus yang baru berada dalam masa inkubasi dan karena itu tidak tercatat sebagai penderita.
Untuk dapat menetapkan berakhir atau tidaknya keadaan wabah ini, perlu ditunggu untuk satu kurun waktu tertentu. Kurun waktu yang dimaksud paling tidak untuk dua masa inkubasi. Apabila dalam waktu dua masa inkubasi tidak ditemukan lagi kasus baru, maka dapatlah dianggap berakhirnya keadaan wabah tersebut.
Untuk penyakit yang bersifat kronis cara yang ditempuh pada umumnya adalah sama. Hanya saja yang dipakai sebagai pedoman tidak hanya fluktuasi jumlah kasus baru, tetapi yang terpenting adalah angka kematian karena penyakit kronis yang dimaksud.
Penetapan berakhirnya keadaan wabah ini harus diikuti dengan laporan yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan Tingkat II. Perlu disampaikan bahwa dengan berakhirnya keadaan wabah bukan berarti pekerjaan penanggulangan wabah telah terhenti. Pekerjaan penanggulangan wabah tersebut tetap dilanjutkan yakni kembali melakukan pengamatan untuk menentukan apakah keadaan wabah tersebut terjangkit lagi atau tidak.

Refrensi: Dr. Resna A. Soerawidjaja & Prof. DR. Dr. Azrul Azwar, M.P.H; Penanggulangan
   Wabah oleh PUSKESMAS


2 comments:

  1. Informasi yang sangat bagus dan bermanfaat gan. ditunggu informasi nya selanjutnya gan:) terima kasih ^^



    Selamat Datang di Intanqq

    Intanqq menyediakan 7 permainan dalam 1 ID
    Berikut permainannya :
    - BandarQ
    - AduQ
    - Bandar poker
    - Bandar sakong
    - Domino
    - Poker
    - Capsa

    Berikut keuntungan bermain di Agent Poker Intanqq :
    - Bonus Turnover 0.3% dibagikan setiap hari
    - Bonus Extra turnover setiap minggu
    - Bonus referal sampai 20% dan berlaku seumur hidup
    - Proses depo dan wd HANYA 1 menit
    - Minimal depo dan wd HANYA Rp.15.000
    - Win Rate 98%

    Ayo tunggu apalagi? segera bergabung bersama kami dan kunjungi website kami bosku ^^. menangkan hadiah nya bosku ^^

    ReplyDelete
  2. MenangDomino99 merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    MenangDomino99 menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh MenangDomino99 :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di MenangDomino99 :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AFFCE66
    phone : +855969440399
    we chat : Menangdomino99

    ReplyDelete